2/07/2009

SHARING INTERNET MENGGUNAKAN ICS

Tahukah Anda bahwa kita dapat mempergunakan fasilitas pada Windows 98 SE untuk berbagi pemakaianInternet dengan komputer lain dalam suatu network? Fasilitas ini berjuluk Internet Connection Sharing (ICS). Prinsip kerja ICS adalahsebagai berikut: Ketika sebuah komputer dalam network mengirim suatu permintaan (request) ke Internet, private IP address dikirimkan ke server ICS, lalu diubah menjadi nomor IP address dari server ICS tersebut, kemudian dikirim ke Internet. Sebaliknya apabila hasil dari request tersebut diperoleh, maka server ICS tersebut akan mengubah IP address menjadinomor IP private, lalu data dikirimkan ke komputer sebenarnya dalam jaringan. Instalasi dan setting ICS pun sangat sederhana. Hal-hal yang perlu dipersiapkan pada saat Anda ingin menggunakan ICS adalah sebagai berikut:

1. Sebuah Local Area Network (LAN), tentukan satu buah komputer sebagai server(gateway) dan beri IP –misalnya 192.168.0.1.

2. Pasang modem pada komputer server.

3. Komputer client diberi nomor IP dari range 192.168.0.2 sampai dengan 192.168.0.253.

4. Siapkan sebuah account ISP, nomor dial-up dan DNS.

5. Tentukan gateway pada komputer client ke server.



Berikut ini langkah-langkah untuk mengimplementasikan Internet Connection Sharing:

1. Klik tombol Start | Settings | Control Panel lalu klik icon Add/Remove Programs Properties.

2. Pilih tab Windows Setup pada kolom Component pilih Internet Tools, lalu klik Detail.

3. Pilih Internet Connection Sharing, lalu klik OK Ikuti instruksi pada Internet Connection Wizard dan siapkan disket kosong bila diminta oleh wizard-nya. Agar komputer client bisa berinternet, berikan nomor DNS dari ISP Anda pada setting TCP/ IP-nya. Klik Start | Settings | Control Panel lalu klik icon Network, klik TCP/IP | Properties. Pilih tab DNS Configuration, lalu masukkan nomor DNS dari ISP Anda.



Setelah instalasi, maka Anda telah mendapatkan disket untuk digunakan pada saat instalasi ICS pada komputer client. Tanpa disket tersebut Anda pun masih bisa men-setup client, yaitu dengan memasukkan IP gateway ke 192.168.0.1 dan memasukkan DNS ISP Anda pada kolom DNS Configuration. Untuk mengubah konfigurasi ICS adalah sebagai berikut:

1. Pada komputer server, klik Start | Settings | Control Panel.

2. Lalu klik Internet Options. Akan muncul Internet Properties.

3. Pilih tab Connections. Di bagian bawah jendela pada kolom Local Area Network (LAN) Settings, pilih tombol Sharing

4. Akan keluar jendela ICS. Setelah melewati tahaptahap instalasi di atas, berarti Anda telah dapat menggunakan Internet Connection Sharing.



Kelebihan dari ICS adalah kemudahannya dalam instalasi di sisi server, tetapi ada beberapa kekurangannya antara lain: á Pada setiap client dari network harus didefinisikan nomor IP, gateway IP dan juga IP DNS-nya. á Untuk network dengan client yang semakin banyak kemungkinan adanya komputer dengan nomor IP yang sama bisa saja terjadi, sehingga mengganggu jaringan. á Tidak adanya fasilitas dialon- demand. Walau begitu tidak ada salahnya untuk dicoba.

0 Comments:

Post a Comment